Wednesday, July 5, 2017

Hindari 4 Bahan Masker Ini Untuk kamu Yang Memilki Kulit Berminyak.


Minyak pada wajah sebenarnya memiliki manfaat yang baik, di antaranya sebagai pelindung dari debu, memperlambat proses penuaan, hingga memberi kelembapan alami. Namun sayangnya, kadar minyak berlebih dapat memicu timbulnya masalah kulit, misalnya saja komedo, jerawat dan lain sebagainya sehingga tak jarang, pemilik kulit berminyak merasa kurang nyaman dengan tampilan wajah ‘kinclong’ seperti ini. Berbagai cara pun rasanya ingin dilakukan, mulai dari mencoba berbagai produk skin care hingga membuat DIY skin care di rumah. Cukup banyak informasi di internet yang bisa kamu dapatkan mengenai bahan alami yang dapat mengatasi minyak berlebih. Namun, tak semua bahan tepat bila dijadikan natural home remedies. Ada beberapa yang sebaiknya kamu hindari jika tak ingin kulit kamu semakin bermasalah.

1. Air Panas



Membersihkan wajah menggunakan air panas tidak sebaiknya dilakukan oleh kamu yang memiliki kulit berminyak karena dapat menyebapkan kulit kemerahan dan iritasi. Selain itu, kamu juga akan kehilangan lipid pada kulit dan justru menimbulkan minyak semakin banyak. Parahnya lagi pori-pori akan makin membesar lho. Sebaiknya gunakan air dengan suhu kamar yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Jika menggunakan masker yang butuh dibilas, pastikan air hanya hangat, dan tidak panas ya.

2. Putih Telur

Banyak review baik mengenai manfaat putih telur untuk mengatasi kulit berminyak sekaligus mengencangkannya. Efek kencang yang dihasilkan putih telur, memang banyak disukai oleh para penggunanya. Tapi mungkin kamu lupa akan bahaya bakteri salmonella yang ada pada telur mentah. Selain itu, vitamin A pada putih telur juga dapat memicu jerawat bagi sebagian orang. Maka dari itu, penggunaan putih telur sebagai masker wajah tidak terlalu dianjurkan kecuali kamu telah berkonsultasi dengan dokter.

3. Mayones

Saus kental ini mungkin baik bagi perawatan rambut, tapi tidak untuk kulit wajah. Pada dasarnya, mayones memiliki kadar asam yang kurang cocok dengan pH kulit. Teksturnya yang sangat kental dan padat pun bisa menutup dan menyumbat pori-pori.

4. Soda Kue


Banyak yang bilang, soda kue merupakan holy grail bahan alami untuk DIY skin care. Namun setelah ditinjau lebih dalam, kandungan alkaline di dalamnya ternyata dapat menyebabkan lapisan jaringan kulit paling luar rusak. Selain itu soda kue juga memicu kekeringan pada kulit jika terus-menerus digunakan. Ini bukan hal yang bisa disepelekan, karena untuk mendapatkan nutrisi agar kulit kembali lembap tidak bisa instan dan kulit yang terlalu kering pun justru akan memicu produksi minyak yang lebih banyak dari biasanya.

No comments:

Post a Comment