Sunday, July 23, 2017

Informasi Unik Tentang 10 Bali Baru yang Perlu Kamu Ketahui


Sourch:https://cdn.pixabay.com/photo/2016/08/08/16/09/indonesia-1578647_960_720.jpg
Sejauh ini, pulau Bali masih menjadi destinasi wisata andalan di Indonesia. Pualu Dewata mampu menyerap sekitar 40% wisatawan mancanegara setiap tahunnya. Untuk itu, pemerintah melalui Kementrian Pariwisata pun mencoba mengembangkan 10 destinasi wisata lainnya agar bisa menjadi seperti Bali, atau yang dikenal dengan sebutan ’10 Bali. 10 Destinasi wisata yang dimaksud adalah Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Bromo, Mandalika, Pulau Komodo, Wakatobi, dan Morotai. Tapi sebelum memutuskan untuk booking pesawat untuk pergi ke tempat wisata tersebut. Lebih baik kamu mengenal dulu informasi unik apa saja tentang kesepuluh Bali Baru tersebut.

Danau Toba Hampir Memunahkan Manusia
Jauh sebelum menjadi danau yang indah, para peneliti meyakini kalau danau Toba pernah menghadirkan bencana besar yang hampir memunahkan umat manusia. Danau Toba merupakan gunung berapi yang meletus dahsyat sekitar 74.000 tahun yang lalu. Saking besarnya letusan, gunung ini pun hilang dan menyisakan kaldera besar yang kini menjadi danau Toba. Diperkirakan, letusan Toba membuat manusia hanya tersisa kurang dari 10.000 orang saja.

Belitung Adalah Salah Satu Penghasil Timah Terbesar di Dunia
Pulau Belitung dikenal dengan pantainya yang indah, salah satunya Tanjung Kelayang. Namun di balik keindahan pantainya, Belitung punya Sumber Daya Alam berupa timah yang jumlahnya sangat banyak. Saking banyaknya, pulau ini pun dianggap sebagai salah satu penghasil timah terbesar di dunia. Uniknya, ada salah satu bekas galian tambang di Belitung yang kini justru menjadi salah satu magnet wisata, namanya danau Kaolin yang memiliki air berwarna biru dengan bibir danau yang putih.

Legenda Cinta Raden Badog dan Sri Poh Haci di Tanjung Lesung
Dibalik indahnya pesona Tanjung Lesung, terdapat legenda tentang pengembara bernama Raden Badog yang menikah dengan gadis cantik bernama Sri Poh Haci yang mahir bermain lesung. Permainan lesung sang istri adalah suara yang sangat disukai Badog. Saking senangnya mendengar suara Lesung, Badog pun ikut memainkannya sampai mengacuhkan larangan para tetua setempat untuk bermain lesung di hari Jumat. Hasilnya, Badog dikutuk menjadi kera dan istrinya yang merasa malu pun pergi lalu menghilang dari tempat tersebut. Sampai masyarakat pun menamai tempat ini dengan sebutan Tanjung Lesung untuk menghormati kemahiran Sri Poh Haci dalam memainkan lesung.

Jumlah Pulau Di Kepulauan Seribu Hanya 342 
Banyak orang yang menyangka bahwa Kepulauan Seribu memiliki ribuan pulau. Namun ternyata, jumlah pulau yang berada di sana hanya 342 saja dengan 11 diantaranya dihuni penduduk. Seluruh pulau-pulau ini memiliki total luas darata mencapai 8,7 km persegi. Namun di kepulauan ini banyak sekali spot menarik untuk sport tourism.

Obama Pernah Berkunjung ke Borobudur Saat Kecil
Banyak orang yang mengetahui kalau mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pernah tingggal di Indonesia semasa kecil. Ternyata, saat kecil pula Obama pernah berkunjung ke Candi Borobudur. Dengan begitu, kini Obama telah dua kali mengunjungi candi Budha terbesar di dunia itu.

Masyarakat Bromo Punya Dua Upacara Besar 
Kawasan Bromo-Tengger-Semeru dihuni penduduk asli bernama suku Tengger. Suku yang kono merupakan sisa dari kejayaan Majapahit ini memiliki dua upacara besar. Pertama adalah upacara Kasada yang merupakan penghormatan kepada leluhur mereka, yaitu Roro Anteng dan Joko Seger yang mengorbankan diri demi kesejahteraan dan keselamatan keluarganya. Kedua adalah upacara karo yang berlangsung pada tanggakl 15 bulan kedua kalender Tengger.

Mandalika Akan Memiliki Sirkuit Moto GP
Sebentar lagi, Mandalika tidak hanya memiliki pantai-pantai yang eksotis saja. Soalnya, di Kawasan Mandalika sedang direncanakan pembangunan sirkuit berkelas dunia yang mampu menggelar balapan Moto GP. Pembangunan ini didasari potensi wisata dan banyaknya investor yang tertarik menanam modal di sana.

Ada Pink Beach Di Pulau Komodo
Pulau Komodo tidak hanya memiliki hewan purba yang langka. Di sana juga ada pantai indah berwarna merah muda yang hanya terdapat beberapa di dunia. Warna merah muda yang mengiasi pantai tersebut berasal dari pecahan koral yang tergerus ombak.

Tempat Eksistensi Suku Bajo
Suku Bajo yang jumlahnya semakin sedikit ternyata masih eksis di Wakatobi. Di desa Mola saja jumlahnya mencapai belasan ribu. Maka tak heran jika di Wakatobi, kamu akan menemukan rumah-rumah yang berdiri di atas laut karena suku Bajo memang terkenal sebagai suku yang hidup di laut.

Fenomena Laut Terbelah di Morotai
Di pulau Dodola, Morotai, Sulawesi Utara ada fenomena unik dimana laut seolah terbelah. Fenomena unik ini muncul seiring pasang-surut air laut. Saat surut, gosong pasir akan muncul membelah laut untuk menghubungkan pulau Dodola Kecil dan Besar. Sedangkan saat pasang, gosong pasir tersebut akan kembali tenggelam.

Jadi bagaimana menurutmu, tertarik untuk mengunjungi kesepuluh Bali Baru ini? Segera booking pesawat dari sekarang. Untuk mendapatkan harga terbaik, kamu hanya perlu beli tiket pesawat online di www.reservasi.com.

No comments:

Post a Comment