Thursday, November 28, 2019

Cara Simpel Mengganti Harddisk Laptop/PC Anda !

Jika Anda merasa sesuatu terjadi pada komputer anda, dan anda yakini itu adalah masalah harddisk, anda harus  memahami dahulu alasan kenapa anda mengganti hard drive di komputer Anda. Mungkin ada 2 alasan yang menjadi acuan dimana kita harus mengganti hard drive/ disk kita: drive Anda saat ini telah mengalami kegagalan perangkat keras dan kebutuhan diganti atau Anda ingin memutakhirkan hard drive utama Anda untuk meningkatkan kecepatan atau kapasitas.

Mengganti hard drive adalah tugas yang cukup mudah yang dapat diselesaikan siapa saja dengan sedikit bantuan. Dengan kata lain, jangan khawatir — Anda bisa melakukan ini!

Anda mungkin tidak benar-benar perlu mengganti hard drive Anda jika itu hanya masalah kapasitas penyimpanan yang Anda alami. Lihat bagian paling bawah halaman ini untuk informasi lebih lanjut.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan solid state drive alih-alih HDD tradisional, lihat daftar SSD terbaik ini untuk dibeli jika Anda kesulitan memilihnya sebelum memasang SSD baru Anda.
Bagaimana Cara Mengganti Hard Drive?

Panduan Mudah untuk Memasang Kembali Hard Drive Anda


Untuk mengganti hard drive, Anda harus mencadangkan data apa pun yang ingin Anda simpan, uninstall hard drive lama, instal hard drive baru, dan kemudian pulihkan data yang dicadangkan.

Berikut ini sedikit lebih banyak tentang tiga langkah yang diperlukan:

1. Mencadangkan data yang ingin Anda simpan adalah langkah paling penting dalam proses ini! Hard drive bukanlah hal yang berharga — ini adalah file-file berharga yang telah Anda buat dan kumpulkan selama bertahun-tahun.

2. Mencadangkan bisa berarti sesuatu yang sederhana seperti menyalin file yang Anda inginkan ke flash drive besar atau penyimpanan lain yang tidak Anda gunakan. Lebih baik lagi, jika Anda belum membuat cadangan secara teratur, gunakan ini sebagai kesempatan untuk memulai dengan layanan cadangan cloud sehingga Anda bahkan tidak pernah menjalankan peluang kehilangan file lagi.

3. Menghapus instalan hard drive yang ada itu mudah. Pastikan komputer Anda dimatikan dan kemudian lepaskan hard drive dan lepaskan secara fisik.

Detail di sini tergantung pada jenis komputer yang Anda miliki tetapi secara umum, ini berarti menghapus data dan kabel daya atau menggeser hard drive keluar dari bay tempat itu diinstal.

Memasang hard drive baru semudah membalikkan langkah yang Anda ambil untuk menghapus instalan yang Anda ganti! Amankan drive di tempat yang lama sebelumnya dan kemudian sambungkan kembali kabel daya dan data yang sama.

Setelah komputer Anda hidup kembali, saatnya memformat hard drive sehingga siap untuk menyimpan file. Setelah selesai, salin data yang Anda cadangkan ke drive baru dan Anda siap!

Perlu panduan? Di bawah ini adalah tautan ke panduan bergambar yang akan memandu Anda melalui proses penggantian hard drive. Langkah-langkah spesifik yang diperlukan untuk mengganti hard drive berbeda tergantung pada jenis hard drive yang Anda ganti:

Hard drive PATA (sebelumnya dikenal sebagai hard drive IDE) adalah hard drive gaya lama dengan kabel 40 atau 80 pin. Hard drive SATA adalah hard drive gaya yang lebih baru dengan kabel 7-pin yang tipis.

Apakah Anda mengganti hard drive primer tempat sistem operasi diinstal? Jika demikian, kami sangat menyarankan Anda mulai baru pada hard drive baru Anda dengan instalasi Windows yang bersih versus menyalin seluruh konten drive lama ke yang baru.

Instalasi Windows yang baru akan menghindari masalah korupsi data atau masalah terkait perangkat lunak lain yang mungkin ada pada hard drive asli Anda. Ya, ada alat dan program yang dapat "bermigrasi" atau "memindahkan" OS dan data Anda dari satu drive ke drive lain, tetapi instalasi yang bersih dan metode pengembalian data manual biasanya merupakan taruhan yang lebih aman.

Anda bahkan dapat memikirkan proses migrasi ke hard drive baru sebagai peluang besar untuk memulai dengan sistem operasi baru seperti Windows 10, sesuatu yang mungkin Anda tunda karena Anda tidak ingin menghapus dan mengembalikan semua data Anda .

Apakah Anda Benar-Benar Perlu Mengganti Hard Drive Anda?


Jika hard drive Anda gagal atau sudah gagal, atau Anda membutuhkan lebih banyak ruang di hard drive primer Anda, maka menggantinya dengan masuk akal. Namun, untuk hard drive yang kehabisan ruang, melakukan upgrade ke yang lebih baru mungkin merupakan kerja keras.

Hard drive yang kehabisan ruang penyimpanan yang tersedia biasanya dapat dibersihkan untuk memberikan ruang bagi hal lain yang ingin Anda pakai. Jika Windows melaporkan ruang disk rendah, gunakan alat penganalisa ruang disk gratis untuk melihat di mana, tepatnya, semua file terbesar berada dan menghapus atau memindahkan apa pun yang masuk akal.

Jika Anda ingin menambahkan kapasitas hard drive ke komputer Anda, atau membutuhkan tempat untuk menyimpan file besar yang tidak Anda butuhkan pada drive primer Anda, pertimbangkan untuk menggunakan hard drive eksternal atau memasang hard drive kedua, dengan asumsi Anda memiliki desktop dan secara fisik ada ruang untuk itu.

No comments:

Post a Comment